Home / Berita / Workshop Penyusunan Rubric Assessment

Workshop Penyusunan Rubric Assessment

rubric assesmentRubric assessment merupakan dokumen perencanaan evaluasi proses belajar mengajar pada mahasiswa. Sebuah assessment yang baik adalah assessment yang alat pengukurannya valid, reliable dan fairness. Valid artinya alat penilaian tersebut valid dalam mengukur kemampuan pencapaian dari setiap kompetensi/ Expected Learning Outcome yang diharapkan. Reliable artinya alat penilaian tersebut akan menghasilkan hasil pengukuran dengan variasi homogen walaupun alat penilaian tersebut digunakan oleh orang yang berbeda. Fairness artinya alat penilaian tersebut telah fair dalam menilai kemampuan mahasiswa sesuai dengan materi dan metode teaching learning yang diberikan. Selain itu fair dalam arti dikomunikasikan dengan mahasiswa sejak awal perkuliahan. Rubric assessment terdiri dari indikator materi evaluasi, skor range penilaian dan definisi operasional dari setiap range penilaian. Indikator evaluasi dari rubric assessment harus merupakan breakdown dari materi perkuliahan, materi perkuliahan merupakan detail penguraian dari kurikukulum yang disusun berdasarkan Learning Ourcome yang hendak dicapai. Oleh karena itu, keselaraan mulai dari Learning Outcome, kurikulum, materi perkuliahan yang tertuang dalam GBPP, rencana pembelajaran yang tertuang dalam SAP serta rencana evaluasi yang tertuang dalam Kontrak Perkuliahan merupakan hal yang sangat utama.

Pentingnya sebuah perencanaan rubric assessement, maka Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga telah mengadakan workshop penyusunan rubric assessment dengan narasumber Dr. Era Purwanto, Ir, M.Eng. Beliau adalah seorang auditor sistem pendidikan perguruan tinggi dari Badan Audit BSI. Workshop ini diikuti oleh seluruh staf dosen FKM Universitas Airlangga dan beberapa staf dosen dari fakultas lain seperti dari FEB dan FST Unair.

Workshop ini diharapkan sebagai bahan evaluasi dari metode assessment kepada mahasiswa yang selama ini telah dilaksanakan. Perbaikan menuju excellent with morality merupakan tujuan utama dari proses pembelajaran di FKM Unair tercinta ini. (/di)

Cek Juga

Prof. Ririh Yudhastuti, Guru Besar Baru Fakultas Kesehatan Masyarakat

Menjelang pertengahan tahun 2017, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dengan sukacita menyambut gelar guru besar …