Home / Berita / Seminar Nasional Menjawab “9 Nawa Cita Presiden” oleh BEM FKM Unair

Seminar Nasional Menjawab “9 Nawa Cita Presiden” oleh BEM FKM Unair

Seminar Nasional Menjawab “9 Nawa Cita Presiden” oleh BEM FKM Unair

BEM FKM Universitas Airlangga menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional ISKMI ke-15 tahun 2017 ini. Tepatnya pada hari Minggu, 19 Februari 2017 di Aula Fajar Fakultas Ekonomi Bisnis Unair. ISMKMI merupakan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia yang beranggotakan seluruh Senat Mahasiswa/ BEM dari Program Studi Kesehatan Masyarakat se Indonesia. Menurut Sekjen ISMKMI Ikmal  (mahasiswa Universitas Hasanuddin) dalam sambutannya, “ISMKMI awalnya dipelopori oleh 5 FKM di Indonesia yaitu UI, Unhas, USU, Unair dan Undip. Anggota ISMKMI terbagi menjadi 4 regional untuk mempermudah koordinasi”.

Munas ke-25 ini diselenggarakan menjadi beberapa kegiatan yaitu saminar nasional, diskusi nasional dan musyawarah nasional. Seminar nasional dengan tema yang diangkat “Menjawab 9 Nawa Cita Presiden Dalam Pelaksanaan Program Andalan Lintas Sektoral Menuju Peningkatan Derajat Kesehatan dan Kesejahteraan Indonesia”. Pembicara dalam seminar nasional ini adalah adalah Direktur BPJS Prof. Fahmi Idris yang membahas permasalahan kepesertaan BPJS dalam tantangan bagi ISKMI untuk berperan dalam secara mandiri ikut mendukung meluasnya jumlah kepersertaan BPJS.  Yang kedua Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan Dr. Anung, yang membahas tantangan gerakan masyarakat utk ikut serta upaya preventif dalam paradigma sehat. Yang ketiga adalah Sekjen Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. Anwar Sanusi, yang membahas faktor kesenjangan pembangunan antar wilayah di Indonesia. Yang keempat Dr. Ridwan Taha (ketua IAKMI) dan Dr. Hanifah (ketua Persakmi) yang membahas tentang keprofesionalan peran sarjana kesehatan masyarakat di dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat Indonesia. Yang keenamadalah Kepala BKKBN yang membahas masalah tantangan permasalahan kesehatan dengan proyeksi jumlah penduduk.

Kegiatan diskusi nasional diselenggarakan malam harinya di Aula Safa Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Diskusi nasional dihadiri oleh Prof. Nur Nasry Noor, Prof Agustin Kusumayati, Dr. Ede Surya Darmawan, S.KM,  Rahmad Puageno, S,KM, M.Kes yang membahas tentang tantangan lulusan sarjana kesehatan masyarakat dalam peran sertanya mengawal kebijakan pemerintah dalam 9 nawa cita Presiden RI.

Munas ke-25 ini dihadiri oleh lebih dari 75 peserta perwakilan dari seluruh Senat Mahasiswa di seluruh Indonesia. Sangat terlihat sekali suasana kekeluargaan mahasiswa seluruh Indonesia ini dalam upaya ikut menyumbangkan pemikiran kritisnya dalam ikut membangun kesehatan masyarakat di Indonesia. /di

Cek Juga

Prof. Ririh Yudhastuti, Guru Besar Baru Fakultas Kesehatan Masyarakat

Menjelang pertengahan tahun 2017, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dengan sukacita menyambut gelar guru besar …