Home / Berita / HIMA FKM UNAIR Banyuwangi Sosialisasikan Kesehatan dan Anti Rokok

HIMA FKM UNAIR Banyuwangi Sosialisasikan Kesehatan dan Anti Rokok

Sosialisasi kesehatan kepada masyarakat, khususnya mengenai personal hygiene, terus digelorakan oleh Banyuwangi Public Health Assosiation (B-PHA) divisi SAS (Society, Art and Sport) di PDD Banyuwangi. B-PHA adalah organisasi himpunan mahasiswa (Hima) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di PDD UNAIR Banyuwangi.

Seperti sosialisasi terbaru yang dilaksanakan serentak dan berakhir Minggu kemarin, telah dipromosikan kesehatan lingkungan dan menekan kebiasaan merokok. Sasarannya masyarakat usia remaja, usia dewasa, dan orang tua yang ada di sepanjang jalan kawasan lingkungan Kramat RT 03/RW 03 Kelurahan Kertosari, Banyuwangi, dimana terdapat 97 kepala keluarga (KK).

Menurut Saiful Azis Setyawan, wakil ketua pelaksana sosialisasi serentak (Soser) ini merupakan salah satu program kerja B-PHA dari  divisi Society, Art and Sport dalam rangka mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat, dalam hal ini dilaksanakan di RT 03/RW 03 Lingkungan Kramat, Kertosari.

”Tema kegiatan ini Green And Clean yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan sampah dengan memperhatikan lingkungan sekitar serta memperhatikan dirinya sendiri,” tambah Ogis Mega Pratiwi, ketua pelaksana kegiatan Soser 2016 ini, seraya menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti 83 mahasiswa dan terbagi menjadi 20 kelompok yang terdiri dari mahasiswa FKM angkatan 2014, 2015 dan 2016.

Penggiat dan praktisi kesehatan lingkungan, Dr. Bintari, yang memberikan materi tentang persampahan ini, menjelaskan kegiatan sosial sepertinya ini menjadi kegiatan wajib bagi mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR PDD Banyuwangi. Ini juga merupakan sosialisasi lanjutan setelah sebelumnya dilaksanakan saat memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS).

Sementara itu, Yogi Yhuwono, Ketua B-PHA UNAIR membenarkan ada yang berbeda dalam soser kali ini. Keterlibatan seluruh mahasiswa FKM, termasuk mahasiswa baru dan perwakilan prodi yang lain, menjadikan kegiatan ini semakin semarak. Rangkaian acaranya diawali dengan kerja bakti yang dalam hal ini dibantu oleh Tunas Muda Airlangga (TMA) dan masyarakat setempat. Sedangkan pelaksanaan sosialisasi sebagai inti acaranya.

”Mekanisme pelaksanaan Soser ini dilakukan dengan jemput bola, memasuki ke rumah-rumah warga. Jadi fasilitator sosialisasi ini juga mahasiswa yang terbagi dalam beberapa kelompok, sedangkan teknis sosialisasinya dengan penilaian kuesioner,” kata Yogi.

Rizky Bagas Ardiansyah (19), mahasiswa peserta sosialisasi, berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut hingga beberapa tahun kedepan, mengingat kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan, memperhatikan kesehatan sendiri, serta mendorong penghentian perilaku merokok. (*)

Penulis: Siti Mufaidah
Editor: Bambang Bes.

Sumber:news.unair.ac.id

Cek Juga

Prof. Ririh Yudhastuti, Guru Besar Baru Fakultas Kesehatan Masyarakat

Menjelang pertengahan tahun 2017, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dengan sukacita menyambut gelar guru besar …