Home / Berita / Fokus Kuliah, Chyntia Winny Jadi Wisudawan Terbaik S-1 FKM UNAIR

Fokus Kuliah, Chyntia Winny Jadi Wisudawan Terbaik S-1 FKM UNAIR

 Berkat kegigihannya dalam belajar, Chyntia Winny Widayanti, S.KM., berhasil meraih predikat sebagai wisudawan terbaik S-1 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga, dalam wisuda periode Maret 2017. Ia lulus dengan meraih IPK 3,88. Chyntia menulis skripsi berjudul Kepatuhan Dokter Penanggung Jawab Pelayanan dalam Pengisian Surat Rujukan Balik Berdasarkan Enam Dimensi Table of Eleven (Studi di Instalasi Rawat Jalan RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya).

Melalui skripsinya itu, ia mengevaluasi kepatuhan Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) dalam pengisian surat rujukan balik sebagai variabel terikat dan enam dimensi table of eleven (knowledge of rules, degree of acceptance, respect fo authority, cost and benefit, social control, risk of being reported) sebagai variabel bebas.

”Saya berharap penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan rujukan peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Sebab era BPJS yang baru dimulai tahun 2014, masih menjadi perbincangan hangat hingga saat ini,” ujar gadis yang pernah juga menjadi lulusan terbaik D-3 Kebidanan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya tahun 2013.

Pada tahun pertama kuliah, gadis kelahiran 1 Februari 1993 ini sempat menjalani rutinitasnya sambil bekerja. Namun selanjutnya, ia memilih fokus kuliah demi hasil yang maksimal.

Chyntia mengaku, dirinya tak memiliki tantangan tertentu dalam menyelesaikan kuliahnya. Namun, ia tak menampik dirinya sempat merasa malas dan mengeluh. Namun, ia berhasil mengendalikan tantangan tersebut dan berhasil menjadi wisudawan terbaik pada kali kedua.

Setelah studi S-1 ini selesai, Chyntia memiliki beberapa keinginan dan rencana. Gadis asal Surabaya ini akan mendaftar beasiswa master, bekerja, dan mengembangkan usaha milik orang tua.

“Tapi tentu saja saya harus membuat prioritas untuk itu. Mungkin saat ini saya akan fokus mencari kerja dulu sambil membantu usaha orang tua,” pungkas Chyntia. (*)

Penulis: Binti Quryatul Masruroh
Editor: Defrina Sukma Satiti.

Cek Juga

Prof. Ririh Yudhastuti, Guru Besar Baru Fakultas Kesehatan Masyarakat

Menjelang pertengahan tahun 2017, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dengan sukacita menyambut gelar guru besar …