Home / Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, disingkat Departemen K3  mengembangkan ilmu mengenai hubungan antara pekerjaan dan lingkungan pekerjaan terhadap kesehatan dan sebaliknya. Di dalamnya tercakup konsep – konsep mengenai usaha promotif, preventif dan protektif sebagai inti pendidikan yang berorientasi akademik profesional untuk strata I (S1).

Keberadaan Departemen K3 saat ini sangat tepat saat semakin tinggi angka kejadian kecelakaan kerja. Berdasarkan beberapa hasil riset angka kematian disebabkan kecelakaan kerja melebihi angka kematian karena karena sebab lain yang selama ini menjadi isu utama dalam bidang kesehatan, missal DB, flu barang. Selain itu, adanya tuntutan dari pemerintah RI bagi industri-industri di Indonesia  untuk melaksanakan zero accident. Serta, adanya tuntutan dunia internasional terhadap penerapan SMK3 di industri menyebabkan kebutuhan akan sarjana kesehatan  masyarakat minat K3 semakin tinggi. Rata-rata alumni minat K3 FKM Unair cepat terserap di industri. Ini seiring dengan tingginya minat mahasiswa FKM Unair untuk mengambil peminatan K3 di akhir masa studinya.Staf pengajar Departemen K3 adalah para dosen yang telah ahli dalam bidangnya masing-masing

Ketua Departmen

Dr.Noeroel Widajati, S.KM., M.Sc.

Sekertaris Departemen

Meirina E, drh.,M.Kes.

Staf Pengajar

  1. Prof. Dr.dr.Tjipto Suwandi.,MPH.,SpOk
  2. Prof.Dr.dr.Tri Martiana.MS
  3. Dr.Ir.Deny Andryanto,MS.
  4. Dr.Abdul Rohim Tualeka,MKes.
  5. Sho’im Hidayat, dr., MS
  6. Mulyono, S.KM., M.Kes
  7. Dra. Endang Dwiyanti, M.Kes
  8. Indriati Paskarini, SH., M.Kes
  9. Dani Narul Haqi,SKM.,M.KKK.
  10. Putri Ayuni Alayyannur , SKM.,MKKK.

Departemen ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dari dalam maupun di luar negeri. Dari dalam antara lain Depnakertrans, PT.Petrokimia Gresik, PT. Semen Gresik. Dengan institusi dari luar negeri antara lain : Griffith University Australia, Mahidol University.

Dalam mengantisipasi kemajuan Iptek, Hiperkes mengembangkan pendidikan program Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja sejak tahun 1985, sejak tahun 2010 Program ini mendapat Akreditasi A dari Dikti. Departemen ini juga mendirikan Program S2 K3.