Home / Analisis Determinan Kualitas Hidup Pada Pasien dengan Hipertensi Derajat II

Analisis Determinan Kualitas Hidup Pada Pasien dengan Hipertensi Derajat II

Nurma Afiani1, Wira Daramatasia2
1,2Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada
Alamat korespondensi :
JL. Sudimoro No.16 Malang, Jawa Timur. Telepon: 0341-406150, Fax: 0341-471277,
Handphone: 081330232765,
Email: nurmaafiani@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang: Kualitas hidup merupakan suatu fenomena multidimensional yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berinteraksi. Kontrol yang baik terhadap berbagai faktor terkait dapat menurunkan risiko kekambuhan dan mencegah terjadinya komplikasi, serta meningkatkan kualitas hidup penderita hipertensi. Data terkait faktorfaktor yang mempengaruhi kualitas hidup penderita hipertensi derajat II belum dikaji secara komprehensif.
Tujuan: Mengetahui besarnya determinasi faktor-faktor eksternal maupun internal terhadap kualitas hidup pasien dengan hipertensi derajat II. Metode: Studi analitik observasional ini dilakukan pada pasien hipertensi rawat jalan di
Poliklinik Umum Puskesmas Dinoyo Kota Malang selama bulan Mei sampai Juli 2014. Subjek dipilih sesuai dengan kriteria hipertensi derajat II dan telah mengisi informed consent. Data tentang kualitas hidup diperoleh dari hasil wawancara dengan kuisioner baku SF-36 (Short Form-36). Determinasi kualitas hidup pada pasien hipertensi derajat II dianalisis dengan analisis jalur (Path Analysis). Hasil: Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh langsung terhadap kualitas hidup berturut-turut adalah kepatuhan terapi (r=0.401;p=0.000), tingkat ekonomi (r=0.257;p=0.009) dan jenis antihipertensi (r=0.159;p=0.016). Kesimpulan: Semakin tinggi kepatuhan terapi, tingkat ekonomi dan kombinasi antihipertensi maka kualitas hidup pasien akan semakin baik.
Kata Kunci: Determinan, Kualitas Hidup, Hipertensi Derajat II.